TIK X

Selasa, 12 Oktober 2010

Virus Komputer ???? Apa sih...

Kata orang komputer saya terkena virus. Jadinya sering membuat komputer menjadi lambat dan menjengkelkan. Apa sih itu sebenarnya virus komputer? Itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemakai komputer. Dan jawabannya cukup banyak dan bervariasi. Definisi sederhananya:

Virus komputer adalah program yang memiliki kemampuan untuk berkembang biak menulari program lain, dan menjadikan file-file yang ditularinya sebagai file infector. Sebagai file infector, file yang tercemar virus tersebut pada akhirnya akan menjalankan virus setiap kali program aslinya dijalankan.

Namun, secara kasar dapat dikatakan:
Virus komputer adalah suatu program yang dapat menggandakan dirinya melalui berbagai cara dalam suatu sistem komputer secara diam-diam tanpa dikehendaki dan melakukan gangguan pada sistem komputer.

Jika dilihat secara lebih detail, sebenarnya ada berbagai jenis virus komputer. Bergantung dari “sudut mana” ia dipandang. Kebanyakan pemakai komputer menyebut program yang dapat membawa masalah ke dalam sistem komputer adalah virus. Tanpa membedakan, apakah ia malware, trojan, virus, worm, spyware dan lain-lain. Yang penting, bikin komputer rewel maka itu virus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar